oleh

Mau Sidak? Pemkab Bekasi Ditantang “Telusuri” Pencemar Limbah Kali Cilemah Abang

-POLITIK-774 BACA

CIKARANG PUSAT – Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan bersama jajarannya direncanakan melakukan inspeksi mendadak (sidak) pencemaran limbah di kali Cilemah Abang, Desa Waluya Kecamatan Cikarang Utara.

Sidak tersebut diharapkan dapat membuahkan hasil oknum perusahaan mana yang membuang secara illegal limbahnya ke sungai.

“Ya kami meminta Pj Bupati Bekasi tak hanya sekedar sidak saja, tetapi telusuri dari mana limbah itu berasal sehingga ketahuan perusahaan mana yang telah membuang limbahnya sembarangan ke sungai,” tegas Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi, Saeful Islam pada Minggu (05/09.

Politisi PKS Kabupaten Bekasi itu menilai, agenda Pj Bupati Bekasi melakukan sidak akan mubajir jika hanya sekedar melihat kondisi sungai Cilemah Abang. Sebab, sidak pernah dilakukan oleh bupati-bupati sebelumnya.

“Jadi telusuri dari perusahaan mana limbah itu berasal, jika sudah ketemu pelakunya berikan sanksi agar ada efek jera,” ujarnya.

Wakil rakyat dari dapil VI Kabupaten Bekasi juga yakin jika pencemaran limbah di kali Cilemah Abang dilakukan oleh perusahaan nakal yang ada di Kabupaten Bekasi. Jika menilik dari limbah domestic, volumenya cukup kecil dibanding limbah perusahaan.

“Limbah domestic dari rumah tangga ada, tetapi tidak banyak. Jika dilihat lebih banyak dari limbah perusahaan sebab air kalinya tercemar logam berat,” katanya.

Sebelumnya, Saeful juga mengungkapkan jika Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi telah mendatangi pengelola dua kawasan industry seperti Ejip dan Lippo Cikarang. Hasil sidak itu, katanya, pengelola industry telah melakukan prosedur yang sesuai untuk pengelolaan limbah perusahaan.

“Ya dari pemaparan dua pengelola kawasan itu, tidak ada masalah dalam pengelolaan limbah. Tetapi pada kenyataan dilapangannya kan kita tidak tahu seperti apa. perusahaan-perusahaan yang memang tak bertangungjawab atau oknum bisa saja membuang limbahnya sembarangan,” tandasnya. (IB)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed