oleh

JKN-KIS Bantu Atasi Sakit Gigi Jaya

CIKARANG PUSAT – M. Jaya Saputra (30) kini tak perlu merasa risau lagi jika mengalami sakit, pasalnya ia telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) segmen Pekerja Bukan Penerima Iuran (PBPU) yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Jaya, sapaan akrabnya mengatakan pernah merasakan manfaat JKN-KIS ketika dirinya mengalami sakit gigi beberapa bulan lalu. Saat itu, Jaya merasakan sakit gigi yang membuatnya sulit untuk berkomunikasi.

“Saya tidak pernah merasa khawatir ketika sakit karena saya beserta keluarga telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen PBPU kelas 3. Pernah merasakan manfaat program tersebut ketika beberapa bulan lalu saya mengalami sakit gigi. Rasanya sangat mengganggu terutama saat berbicara dengan orang lain, sakit gigi membuat saya tidak dapat banyak bicara. Namun tak perlu menunggu waktu lama saya segera memeriksakan diri ke klinik tempat saya terdaftar tentunya dengan terdaftar sebagai peserta JKN,” tutur Jaya, Rabu (1/12).

Jaya mengatakan, ketika berobat di klinik, dirinya mendapatkan perlakuan yang baik dari dokter yang menanganinya. Ia tidak mendapatkan perlakuan yang berbeda dengan orang lain yang berobat menggunakan biaya pribadi. Dari pengalamannya tersebut, Jaya telah membuktikan bahwa dengan menjadi peserta JKN-KIS, ia tidak perlu memikirkan biaya berobat ketika sakit. Sampai saat ini, Jaya selalu rutin membayar iuran JKN-KIS tiap bulannya, ia tidak ingin mengalami kesulitan saat akan menggunakan kartu JKN miliknya ketika sakit.

“Alhamdulillah, kini saya tidak merasakan sakit gigi lagi karena gigi yang menyebabkan sakit telah dicabut. Saat berobat di klinik saya mendapatkan perlakuan yang baik dari dokter, tidak ada perbedaan perlakuan antara pasien JKN-KIS dengan pasien umum. Inilah keuntungan dengan menjadi peserta JKN-KIS, saya tidak perlu memikirkan biaya berobat ketika sakit. Sampai sekarang saya selalu rutin membayar iuran tiap bulannya, saya tidak ingin mengalami kesulitan saat akan menggunakan kartu JKN sewaktu-waktu,” ungkapnya.

Di akhir perbincangan, Jaya berharap agar BPJS Kesehatan selaku badan yang ditunjuk untuk mengelola Program JKN-KIS untuk dapat terus meningkatkan dan memberikan pelayanan yang baik bagi peserta. Ia juga berpesan bagi seluruh masyarakat untuk segera mendaftarkan diri kedalam Program JKN-KIS dan untuk tidak mendaftar saat akan membutuhkan pelayanan kesehatan karena sakit tidak tahu kapan datangnya. Serta tak lupa ia berpesan untuk membayar iuran tepat pada waktunya untuk menjaga keaktifan kartu JKN-KIS. (Rls/IB)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed