oleh

Reses Akhir Tahun, DPRD Jabar Faizal Tanam Pohon dan Mancing Sampah di Kali Piket

-POLITIK-109 BACA

SUKAWANGI – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid melakukan reses yang berbeda di akhir tahun 2021 ini. Bersama Komunitas Peduli Lingkungan Angler Relawan Cikarang (ARC), Faizal melakukan penanaman pohon bamboo di area sekitar Kali Piket Desa Sukatenang, Kecamatan Sukawangi Kabupaten Bekasi pada Senin (06/12).

“Kegiatan tanam pohon ini sebagai bentuk kepedulian kami agar masyarakat juga ikut memelihara keasrian lingkungan serta menjaga aliran sungai tetap bersih dan terjaga dari pencemaran limbah industri,” ujar Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Faizal Hafan Farid.

Selain tanam pohon, Faisal bersama komunitas ARC itu juga mengadakan lomba memancing di Kali Piket. Uniknya, bukan ikan yang menjadi patokan untuk menentukan pemenangnya tetapi pemancing yang mendapatkan sampai terbanyak menjadi pemenang lomba.

Politisi PKS itu juga mencanangkan program Kali Piket menjadi kali percontohan yang bisa dijaga dari limbah, baik dari pabrik ataupun rumah tangga.

“Harapannya agar Kali Piket bisa menjadi contoh untuk aliran kali lalu menularkannya kepada masyarakat yang tinggal ditepi kali. Inisiasi inilah yang dilakukan oleh ARC dengan sangat baik dan luar biasa,” kata Faizal.

Dia juga meminta agar dinas terkait agar dapat memfasilitasi kegiatan dan menginsiasi masyarakat agar lebih peduli lingkungan. Selain itu juga, peran pemerintah baik fungsi pengawasan dan pemberian sanksi terhadap oknum atau perusahaan yang melakukan pencemaran limbah ke daerah aliran sungai yang berada di Kabupaten Bekasi.

“Pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait menjadi bagian yang tidak bisa terpisahkan untuk mendorong lingkungan yang bersih serta aliran sungai bebas dari pencemaran limbah,” tambahnya.

Sementara itu, Koordinator ARC, Yahya Komeng mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara memelihara kali piket dari segala macam limbah. Apalagi, di kali tersebut juga terdapat berbagai jenis ikan local seperti Ikan Baung, Gabus, Betrik dan lainnya.

“Karena di aliran kali ini terdapat beberapa jenis ikan lokal yang kita sangat jaga keberlangsungannya, diantaranya adalah ikan lokal yang sangat kaya akan kandungan omega 3 setara Ikan Salmon yaitu Ikan Baung,” tambahnya.

Usai membuka agenda mancing, kegiatan reses itu juga melakukan penanaman pohon Bambu secara simbolik di sekitar Kali Piket bersama para relawan dan pemilik Sekolah Alam Prasasti, Komarudin Ibnu Mikam. (IB)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed