oleh

Soal Pencairan THR, Teguh Wibowo Minta Perusahaan Jujur!

CIKARANG PUSAT – Ketua yayasan Global Mulia Cikarang, Teguh Wibowo menilai wajar jika perusahaan memberikan THR kepada karyawannya dengan tempat waktu dan tanpa potongan. Hal itu menjadi bukti jika perusahaan memberikan perhatian terhadap karyawannya yang merayaan hari besar idul fitri tahun ini.

“Ya pencairan THR itu kan sesuatu yang wajar dan itu merupakan bentuk perhatian perusahaan terhadap karyawannya,” ujar Teguh Wibowo pada Rabu (13/04).

Ketua Kadin Kabupaten Bekasi itu juga mendukung langkah dari Menteri Tenaga Kerja yang telah mengeluarkan aturan mengenai pencairan THR tahun ini. Peraturan tersebut terdapat pada Surat Edaran (SE) Nomor M/1/HK.04/IV/2022 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2022 Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) keagamaan bagi pekerja/buruh merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan pekerja/buruh dan keluarganya dalam merayakan hari raya keagamaan.

“Kaitan dengan waktu itu bagus ya karena lebih awal. Tentunya ini agar para karyawan bisa membelanjakan kebutuhan hari raya,” katanya.

Meski begitu, Teguh Wibowo mengakui jika tidak semua perusahaan mampu untuk membayar THR dengan maksimal. Jika memang tak mampu, Dia meminta agar perusahaan terbuka dan transfaran mengenai manajeman kemampuan keuangannya masuk dalam kategori mampu atau tidak.

“Ya memang ada perusahaan yang tak mampu untuk membayar THR, tetapi itu juga harus dibuktikan ketidakmampuannya, artinya perusahaan harus jujur jangan sampai perusahaan yang mampu membayar tetapi menyatakan tidak mampu untuk memberikan THR, ini yang tidak boleh terjadi,” katanya.

Teguh berharap agar setiap daerah, khususnya wilayah yang terdapat banyak kawasan industri agar membentuk tim untuk menginvestigas kemampuan perusahaan membayar THR.

“Nah itu nantinya bisa memverifikasi kebenaran perusahaan mampu atau tidak membayar THR, jika mampu dan tidak mau bayar berarti ada sanksi jelas terhadap perusahaan itu,” katanya. (IB)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed