oleh

Terpilih Secara Aklamasi Sebagai Ketum FHI, H. Syahrir Siap Pertahankan Juara Umum di PON XXI Sumut

-OLAHRAGA-350 BACA

BANDUNG – Mempertahankan titel juara umum pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Sumatera Utara (Sumut) menjadi target utama H. Syahrir usai terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Federasi Hockey Indonesia (FHI) Jawa Barat masa bakti 2022-2026.

Anggota DPRD Jabar periode 2019-2024 itu terpilih pada gelaran Musyawarah Provinsi (Musprov) FHI Jabar di Hotel Santika, Jalan LLRE Martadinata Kota Bandung, Minggu (17/4) malam WIB.

Pada gelaran musprov yang diikuti 20 pengcab FHI Kota/Kabupaten dari 21 kota/kabupaten, politisi Partai Gerindra itu melaju tanpa saingan. H. Syahrir pun mendapat dukungan penuh hampir dari semua perwakilan pengcab yang hadir sehingga secara aklamasi ditetapkan sebagai Ketua Umum FHI Jabar 2022-2026.

Syahrir sendiri melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan Dwi Jati Utomo, Ketua Umum FHI Jabar masa bakti 2018-2022. Selama kepengurusannya, Dwi Jati Utomo telah mampu mempertahankan titel juara umum pada PON XX yang digelar di Papua pada tahun 2021 lalu.

Pada gelaran multievent olahraga terakbar di tanah air edisi ke-20 tersebut, Jabar berhasil mengawinkan gelar juara di kategori hockey indoor. Pada laga yang digelar di lapangan Hoki Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua, 4-12 Oktober 2021, Jabar berhasil menggondol 2 medali emas dan 2 perunggu.

“Saya sangat berterimakasih kepada seluruh pengcab FHI kota/kabupaten yang telah memberikan kepercayaan untuk memimpin FHI Jabar dalam empat tahun terakhir dengan capaian mempertahankan juara umum PON, termasuk dari seluruh jajaran pengurus FHI Jabar 2018-2022 dan atlet. Sekarang sudah saatnya saya menyerahkan estafet kepemimpinan di FHI Jabar karena saya merasa tidak akan bisa maksimal untuk meneruskan kembali dan H. Syahrir telah terpilih secara aklamasi sebagai ketua umum yang baru,” kata Ketua Umum FHI Jabar 2018-2022, Dwi Jati Utomo usai pelaksanaan Musprov FHI Jabar 2022, Minggu (17/4) malam WIB.

Kepada H. Syahrir sebagai penerusnya, Dwi Jati Utomo berpesan untuk meneruskan dan mempertahankan prestasi yang sudah diraih serta mengembangkan olahraga hockey lebih maju di Jabar. Atau bahkan bisa meningkatkan raihan prestasi pada gelaran PON XXI di Sumut tahun 2024 mendatang.

“Pada PON XX di Papua, kita berhasil mengawinkan medali emas indoor meski kita punya peluang juga di outdoor atau lapangan terutama di kelompok putra. Semoga dibawah kepemimpinan Pak Syahrir kedepan, FHI Jabar bisa meningkatkan prestasi di PON XXI tahun 2024 di Sumut dengan merebut tiga medali emas. Itu tantangan lain bagi FHI Jabar 2022-2026 dibawa kepemimpinan Pak Syahrir ini,” kata Jenderal Bintang Dua ini.

Tak hanya dari sisi prestasi, Dwi Jati pun berpesan kepada penerusnya untuk memilih sosok pengurus yang memiliki komitmen dan dedikasi tinggi untuk mengembangkan serta meningkatkan prestasi olahraga hockey di Jabar. Untuk itu, H. Syahrir diharapkan bisa tepat memilih setiap jajaran pengurus sesuai kemampuan dan kualifikasinya.

“Untuk kepengurusan tidak perlu banyak-banyak, yang penting efektif efisien. Semua jajaran bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing, job desk nya jelas. Dan yang terpenting, bagaimana bisa menyejahterakan atlet,” kata dia.

Sementara Ketua FHI Jabar 2022-2026, H. Syahrir mengaku sudah mempersiapkan berbagai program guna menjawab tantangan tiga medali emas di PON XXI tahun 2024. Program kerja tersebut telah disusun dan dijabarkan dalam visi misi sebelum dia maju sebagai calon Ketua Umum FHI Jabar 2022-2026.

“Salah satu upaya yang akan kita lakukan yakni dengan meningkatkan kualitas SDM, tidak anya atlet dan pelatih tapi juga seluruh komponen dalam olahraga hockey. Yakni dengan menggelar berbagai pelatihan-pelatihan yang lebih maksimal serta menggelar kompetisi-kompetisi yang berjenjang, berkesinambungan dan berkualitas,” kata H. Syahrir.

Selain itu, legislator Komisi I DPRD Jabar ini pun akan berupaya mencari solusi terkait berbagai hal yang menjadi kendala. Mulai dari ketersediaan sarana prasarana hingga dari sisi anggaran.

“Untuk sarana prasarana, memang belum semua kota/kabupaten memiliki sarana prasarana yang memadai dan kita akan coba mencari solusi terbaik sehingga setiap kota/kabupaten bisa mengembangkan potensi atlet serta olahraga hockey dengan lebih baik,” dia menerangkan.

Dari sisi kompetisi, dia mengaku akan mempersiapkan program kejuaraan berjenjang sehingga para atlet bisa terus mengasah dan menguji hasil latihan yang dilakukan. Salah satu yang terdekat yakni dengan mempersiapkan pelaksanaan pertandingan hockey di ajang Porprov Jabar XIV yang rencananya digelar pada November 2022.

“Kita akan lakukan persiapan yang matang untuk Porprov Jabar 2022 yang sudah di depan mata sehingga bisa melahirkan potensi-potensi baru atlet hockey andal. Karena ini bisa menjadi modal awal untuk mencapai target selanjutnya yakni meningkatkan raihan prestasi di PON XXI tahun 2024 mendatang,” Syahrir menegaskan.

Syahril menambahkan, diluar pembinaan dan prestasi, pihaknya pun memiliki target lain. Yakni dengan membentuk kepengurusan FHI di seluruh kota dan kabupaten di Jabar.

“Saat ini kita baru memiliki 21  kepengurusan FHI kota/kabupaten. Tinggal lima kota dan kabupaten lagi yakni Kota Depok, Kota Banjar, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan. Dengan kehadiran pengcab di 26 kota dan kabupaten, pasti akan mendorong perkembangan dan prestasi olahraga hockey di Jabar,” kata dia. (IB)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed