oleh

Peduli Dunia Pendidikan, Teguh Wibowo “Si Anak Kolong” Bangun Kampus Global Mulia  

-BIOGRAFI-1,302 BACA

TEGUH WIBOWO  merupakan salah satu tokoh Pendidikan dan juga praktisi Bisnis yang ada di Bekasi,  merupakan anak keenam dari delapan bersaudara . Dia dilahirkan di Banjarnegara, JawaTengah. Ayahnya merupakan seorang tentara yang ikut memperjuangkan dan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia. Makanya Teguh Wibowo disebut sebagai Anak Kolong.

Anak kolong adalah sebutan dalam bahasa sehari-hari untuk anak tentara atau anak yang besar di tangsi tentara. Istilah ini telah dipakai sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia.

“Ya dulu kan dikenal anak tentara itu sebagai anak kolong,” katanya mengenang.

Berawal dari keprihatinan terhadap nasib anak bangsa khususnya dibidang pendidikan, banyak anak-anak lulusan SLTA  ( SMA, SMK, MA ) yang tidak melanjutkan kejenjang pendidikan tinggi dan juga tidak mendapatkan akses pekerjaan di industri disatu sisi, maupun   yang telah bekerja di industri dihadapkan pada system kontrak, jadi setelah kontrak habis menganggur.

Di sisi lain banyak lulusan yang belum terbentuk karakternya sehingga akan menjadi permasalahan kedepannya.

Dari sinilah Teguh si anak kolong tergugah untuk mendirikan lembaga pendidikan yang berbasic pada pembentukan karakter/character building, karena dia berkeyakinan bahwa yang harus diprioritaskan dalam pendidikan adalah karakter, banyak orang pintar tapi gak berkarakter. Negara ini perlu banyak anak bangsa yang berkarakter kuat untuk bisa maju paparnya.

Dia juga menjadi Founder yayasan pendidikan Global Insan Mulia Cikarang yang menyelenggarakan jenjang pendidikan tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK Global MUlia), LPK ke Negara Eropa danJepang,   serta Perguruan Tinggi (Sekolah Tinggi Ekonomi & Bisnis Islam STEBI  GLOBAL MULIA ) dimana STEBI GM berfokus bagaimana mencetak pengusaha berbasis syariah. Berlokasi di desa Mekar Mukti Cikarang Jababeka, dulu di ruko tapi sekarang Alhamdulillah sudah dibangun gedung sendiiri empat lantai. Dan untuk tahun ini di Lembaga yang didirikannya membuka pesantren modern yang  memberikan kesempatan kepada putra putrid terbaik bangsa yang ingin belajar agama, serta yang  ingin menghafal Al Quran untuk dididik menjadi santri penghaf Alquran di Pesantren, serta di fasilitasi untuk melanjutkan pendidikan di Negara Timur Tengah (Saudi, Mesir, Yaman, Maroko ). Adapun santri yang masuk ditahun ini Bebas Biaya (Pendidikan, Mess Maupun Makan), sehingga mereka yang tidak berkemampuan secara ekonomi tetap bisa mengikuti program ini.

Tak hanya itu, pria yang dikenal dengan Si Anak Kolong atau anak tentara ini juga memperluas bisnisnya disektor properti /developer dibeberapa wilayah mulai dari Bekasi, Karawang sampai Subang. Kita menyediakan perumahan berkualitas dengan harga yang terjangkau paparnya. Untuk properti walau masih dalam skala yang belum luas ,tapi si anak kolong ini berprinsip dalam mengembangkan usahanya yakni“ Bagaimana diri kita bisa memberikan kemanfaatan sebanyak mungkin bagi orang lain. Dunia property dijalankan justru ketika pandemic Covid dimana ekonomi sector riil banyak yang tidak berjalan.  Saya kira ketika property ini dijalankan maka dampaknya akan banyak,dari pemilik tanah yang membutuhkan uang, kuli bangunan, mandor, kontraktor, marketing sampai toko bangunan akan mendapatkan manfaat .

Teguh menghabiskan pendidikan SD, SMP dan SMA di Banjarnegara. Setelah itu, dia mengambil pendidikan perguruan tingginya diluar daerah, Saat ini Teguh tengah menempuh pendidikan doktoral (S3).

Si Anak Kolong yang menjadiFounder  Global Mulia Cikarang ini juga sempat menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi. Tahun 2004 menjadi perjuangannya di dunia pendidikan karena dia harus mengajar dibeberapa tempat dengan mobilitas yang cukup tinggi dari satu kota ke kota lainnya.

“Ya waktu itu sempat mengajar dibeberap akampus, bolak-balik dari Cikarang ke Jakarta, tetapi karena saya senang berbagi ilmu ya menikmati saja, meskipun sering pulang larut malam,” kenangTeguh.

Meski begitu, Pria yang menjadi Ketua Forum Investor Bekasi dan juga Dewan Pakar ICMI Otda Kabupaten Bekasi mengaku apa yang didapatnya saat ini tak semata hasil dari kerja kerasnya sendiri. Ada kekuatan doa orang tua, apabila ingin hidup kita mulia, maka Muliakanlah orang tua. Perhatikan mereka dengan sepenuh hati, cukupi kebutuhannya. Ketika sudah tiada doakan setiap saat.

Jadilah orang yang selalu focus memberikan kemanfaatan bagi orang lain, maka urusan kita akan dimudahkan oleh Allah SWT.Jalani hidup, syukuri, nikmati itu yang selalu diatanamkan. Berbahagialah maka kita akan sukses, bukan sukses yang membawa kebahagiaan paparnya.

Jadi ketika kita belum banyak harta (uang) kita tetap semangat , karena bukan uang yang menjadi tujuan tapi memberikan kemanfaatan itu yang memberi spirit untuk tetap berkaryai mbuhnya.

Ga usah ingin selalu terlihat/menonjol, tapi selalu inginlah bermanfaat. itu yang ia pegang.

“Terkait keluarga Saya komitmen bisa terjaga silaturahminya, selalu mengedepankan tolong menolong ada yang satu kesulitanya dibantu. Jadi komunikasi dan silaturahmi harus terus dibangun,” ungkap Teguh.  Khoirunnas Anfauhum Linnas yang artinya sebaik-baik manusia adalah yang paling banyak member manfaat bagi manusia lain.

“Jadiya orang sukses itu adalah orang yang banyak memberikan manfaat buat orang lain. Niatkan usaha yang kita jalankan untuk memberikan kemanfaatan bagi banyak orang,berbagilah kepada orang lain, Karena ada hak orang lain di harta kita. Gak harus ikut mainstream yang berkembang saat ini, jadilah diri kita, jadilah insiprasi bagi orang lain  maka hidup kita akan tenang,” paparnya.

Si anak kolong ini juga aktif dalam berbagai organisasi, antara lain : Ketua Forum Investor Bekasi, Dewan Pakar ICMI Otda Kab Bks, Dewan kehormatan Kadin Kabupaten Bekasi,  Pengurus Apindo, Pengurus Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Se-Indonesia,  Pengurus BMPS Kab Bekasi,  Dewan Pembina Merpati Putih Kab Bekasi,  Dewan Pengarah Asosiasi praktisi HR Indonesia (ASPHRI ), Dewan Penasehat AWPI,   Founder Global Mulia Found.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed