oleh

BPJS Kesehatan Bantu Petugas KPPS Kabupaten Bekasi Lakukan Skrining Riwayat Kesehatan

-EKBIS-208 BACA

KABUPATEN BEKASI – Dalam upaya memberikan dukungan kepada seluruh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas pada pemilihan umum tahun 2024, BPJS Kesehatan Cabang Cikarang mendorong pemanfaatan skrining riwayat kesehatan bagi petugas penyelenggara Pemilu tahun 2024 di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi. Skrining riwayat kesehatan tersebut dapat dimanfaatkan oleh petugas penyelenggara Pemilu untuk mengetahui risiko riwayat kesehatan diri sendiri.

Mutiara Fitri atau yang akrab dipanggil Rara (26) merupakan salah satu anggoota KPPS Desa Mekarsari, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi yang memanfaatkan skrining kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan. Menurutnya dengan adanya skrining kesehatan ia dapat mendeteksi kondisi penyakit yang ada di dalam tubuhnya.

Terlebih lagi sebagai upaya menjaga kesehatan sebelum hari Pemilu berlangsung sehingga ia bisa mengantisipasi dan memberikan pencegahan terutama dalam mengatur pola makannya sesuai dengan indikasi yang telah diberikan melalui skrining riwayat kesehatan.

”Berkaca dengan kegiatan Pemilu di tahun 2019 yang banyak memakan korban meninggal dunia. Kebetulan di tahun ini saya diamanahkan menjadi anggota KPPS di Kabupaten Bekasi saya pastinya sangat wanti-wanti kondisi tubuh saya agar tetap fit dan tidak sakit. Saya senang sekali ketika mendengar bahwa BPJS Kesehatan menyediakan link skrining kesehatan bagi petugas KPPS. Sehingga saya dan teman-teman KPPS lainnya dapat memanfaatkan skrining ini sebagai sarana antisipasi dini,” ujar Rara pada Senin (01/02).

Rara yang terdaftar sebagai Peserta Penerima Upah (PPU) Program JKN dan bekerja di salah satu instasi Pemerintah ini mengatakan skrining kesehatan yang disediakan BPJS Kesehatan sangatlah mudah untuk diakses dan dipahami. Rara dan anggota lainnya hanya perlu mengisi skrining kesehatan melalaui tautan yang telah disebarkan oleh BPJS Kesehatan ataupun melalui Aplikasi Mobile JKN.

”Awalnya saya kira akan sulit untuk melakukan skrining riwayat kesehatan. Namun setelah saya coba ternyata sangat mudah. Hanya perlu membuka link yang diberikan oleh BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, lalu saya menjawab pertanyaan yang diberikan. Setelah selesai barulah saya tau resiko penyakit saya dan tidak hanya itu saja saya juga diberikan tips kesehatan untuk mengatasi penyakit dari resiko yang saya dapatkan. Sangat mudah dan berguna pokoknya,” ujarnya.

Rara mengungkapkan harapan kepada BPJS Kesehatan agar kedepannya dapat terus mengembangkan inovasi yang memberikan kemudahan kepada peserta dalam mengakses layanan adimistrasi Program JKN. Menurutnya, saat ini Program JKN sudah banyak memberikan kemudahan bagi pesertanya salah satunya adalah dengan adanya aplikasi Mobile JKN dimana peserta dapat melakukan berbagai layanan administrasi Program JKN tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

”Saya berpesan kepada BPJS Kesehatan agar kedepannya dapat memberikan layanan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap program tersebut. Saat ini yang saya rasakan Mobile JKN sudah mengakomodir skrining kesehatan, sehingga bagi saya yang bekerja di instansi dan sebagai anggota KPPS sangat bersyukur sekali karna dimudahkan dari segi efesinsi waktu. Saya berharap agar layanan skirining kesehatan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh petugas KPPS,” tuturnya.

Pada tanggal 14 Februari 2024 akan dilaksanakan Pemilihan Umum (Pemilu) secara serentak di seluruh Indonesia. Sebanyak 58.919 orang telah dilantik sebagai petugas KPPS di Kabupaten Bekasi. Untuk mendukung panitia KPPS dalam melaksanakan tugasnya BPJS Kesehatan Cabang Cikarang mengajak seluruh petuas KPPS di wilayah Kabupaten Bekasi untuk melaksanakan skrining kesehatan yang dapat dilakukan melalui link ataupun Aplikasi Mobile JKN. (**)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed