oleh

Sinergi dengan Komisi IX DPR RI Beri Pemahaman Kepada Warga Kabupaten Bekasi

-EKBIS-66 BACA

KABUPATEN BEKASI – BPJS Kesehatan Cabang Cikarang bersama Komisi IX DPR RI kembali menjalin sinergi untuk menyukseskan pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di wilayah Kabupaten Bekasi. Sinergi tersebut diwujudkan dalam bentuk sosialisasi terpadu kepada warga di Kabupaten Bekasi khususnya warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Cikarang Utara.

Anggota Komisi IX DPR RI, Putih Sari mengapresiasi antusiasme yang diberikan oleh seluruh warga Desa Mekarmukti yang hadir untuk menerima materi yang akan disampaikan terkait Program JKN. Ia mengatakan Program JKN merupakan salah satu dari dua program jaminan sosial yang diselenggarakan oleh pemerintah dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dasar kesehatan masyarakat.

“Saya sangat mengapresiasi antusiasme yang diberikan oleh warga Desa Mekarmukti, dimana nanti kita akan mendengarkan bersama sosialisasi terkait Program JKN. Tentunya Komisi IX DPR RI terus mendukung BPJS Kesehatan dalam upaya meningkatkan mutu layanan kepada masyarakat. Kita ingin menjamin masyarakat dari berbagai golongan mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak ketika sakit tanpa harus memikirkan biaya berobat. Kita tidak ingin ada lagi pandangan atau pemikiran bahwa orang kurang mampu dilarang sakit dikarenakan biaya pengobatan yang mahal,” tutur Putih, Jumat (31/05).

Putih juga menyebut sejak tahun 2014, BPJS Kesehatan dipercaya untuk mengelola Program JKN yang terus berkembang ke arah yang lebih baik. Ia berharap setelah usainya kegiatan sosialisasi yang dilakukan, semakin banyak masyarakat yang akan peduli terhadap kesehatannya dengan terdaftar sebagai peserta JKN.

Tak hanya itu, Putih juga menegaskan bahwa dalam penyelenggaraan Program JKN ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh peserta Program JKN, diantaranya bagi masyarakat yang terdaftar program JKN sebagai peserta segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri untuk selalu rutin dalam membayarkan iuran tiap bulannya.

“Tentunya sudah lebih dari sepuluh tahun BPJS Kesehatan mengelola Program JKN di tengah masyarakat, selama itu pula program ini sudah berkembang ke arah yang lebih baik. Namun tentunya masih ada beberapa keluhan terkait pelayanan yang didapat masyarakat, oleh sebab itu kita juga harus mendorong fasilitas kesehatan untuk turut mendukung pelaksanaan Program JKN agar tidak ada lagi keluhan dari masyarakat,” jelas Putih.

Meski sudah terdapat Program JKN yang diselenggarakan BPJS Kesehatan, Dirinya berharap kepada masyarakat agar dapat lebih peduli lagi terhadap kesehatannya. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan dan terus mendukung pelaksanaan Program JKN. Selain itu, bagi masyarakat yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen PBPU atau peserta mandiri, ia menyebut dapat rutin membayarkan iurannya tiap bulan.

Dihubungi terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cikarang, Sudiyanti menyebut kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait Program JKN kepada masyarakat. Ia menyebut saat ini masyarakat sudah diberikan kemudahan untuk mendaftar sebagai peserta JKN. Ia mengajak masyarakat untuk tidak ragu menggunakan Program JKN ketika berobat.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung BPJS Kesehatan dalam menjalankan penyelenggaraan Program JKN di tengah masyarakat. Saat ini masyarakat telah diberikan kemudahan untuk menjadi peserta JKN, bagi pekerja tentunya akan didaftarkan dari tempatnya bekerja, bagi masyarakat yang mampu dapat terdaftar sebagai peserta PBPU dan bagi masyarakat Kabupaten Bekasi yang kurang mampu saat ini tidak perlu khawatir karena dapat mendaftar sebagai peserta PBPU dan Bukan Pekerja (BP) Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi,” terang Yanti. (**)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed