oleh

Widi Andalkan Program JKN Saat Membutuhkan Pelayanan Fisioterapi

-EKBIS-50 BACA

KABUPATEN BEKASI – Menjadi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kini merupakan sesuatu yang sangat penting. Bahkan dengan menjadi bagian dari program yang dijalankan BPJS Kesehatan itu dapat disebut menjadi kebutuhan yang tidak dapat dihiraukan. Setidaknya, hal tersebut yang diakui oleh Widi Sastro (27).

Wanita yang bekerja di salah satu dinas yang berada di Kabupaten Bekasi ini mengaku sangat terbantu sekali dengan adanya Program JKN terutama ketika membutuhkan pelayanan kesehatan saat jatuh sakit. Menurut Widi dengan terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan dirinya kini tidak terlalu pusing memikirkan biaya kesehatan.

”Bagi saya menjadi peserta JKN itu sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus ada untuk keluarga. Bagaimana tidak dengan BPJS Kesehatan seluruh biaya pengobatan kita semuanya ditanggung, tentunya itu akan sangat membantu kita ketika sakit. Kita tidak perlu memikirkan biaya pengobatan tentunya jika sesuai indikasi medis, karena ada beberapa keadaan penyakit yang memang tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan seperti sakit yang diakibatkan oleh hobi yang membahayakan diri sendiri,” ungkap Widi, Senin (06/05).

Pernyataan Widi tersebut didukung ketika ia telah merasakan sendiri manfaat dari Program JKN. Widi menceritakan bahwa beberapa waktu lalu ia mengalami sakit pada bagian punggungnya. Kondisi itu tentu sangat menganggu Widi yang kesehariannya bekerja duduk di depan komputer dalam waktu yang lama. Namun kondisi tersebut saat ini sudah membaik karena telah menjalani proses pengobatan di rumah sakit dengan tanggungan dari BPJS Kesehatan.

”Tentunya saya sangat berterimakasih kepada BPJS Kesehatan karena saya pernah menggunakan untuk berobat ketika punggung saya sakit. Jika saat itu saya tidak menggunakan BPJS Kesehatan untuk berobat mungkin saya akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk berobat. Alhamdulillah sekarang punggung saya sudah normal kembali rasanya,” tuturnya.

Wanita yang saat ini bertempat tinggal di Tegal Danas, Cikarang Timur ini menceritakan awal keluhan sakit punggung yang dideritanya beberapa waktu lalu itu. Awalnya, dia merasakan ketidaknyamanan pada bagian punggungnya. Terlebih setiap kali bekerja rasa sakit pada punggungnya itu semakin terasa dan sangat menggangu aktivitas kerjanya.

”Awalnya saya hanya sesekali merasakan sakit pada punggung saya namun lama kelamaan sakitnya semakin sering saya rasakan. Saya merasa terganggu dengan kedaan tersebut akhirnya saya melakukan pemeriksaan pada fasilitas kesehatan tempat saya terdaftar setelahnya saya mendapat rujukan untuk melanjutkan pengobatan di rumah sakit,” ucapnya.

Berangkat dari pengalamannya tersebut Widi selalu mengingatkan kepada keluarga dan tetangga sekitar rumahnya yang belum terdaftar sebagai peserta JKN untuk mendaftarkan diri beserta seluruh anggota keluarganya kedalam program tersebut. Menurutnya meskipun semua orang tidak ada yang ingin sakit namun banyak manfaat yang didapatkan sebagai peserta Program JKN. Ia menganggap jika tidak pernah atau jarang menggunakannya berarti masih diberi nikmat berupa kesehatan dan peluang untuk berbuat kebaikan kepada sesama.

”Saya sangat mengapresiasi BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara Program JKN yang selalu berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik bagi pesertanya. Saat ini sudah banyak inovasi-inovasi yang memberikan kemudahan bagi peserta JKN dalam mengakses layanan administrasi. Untuk pelayanan juga yang saya rasakan tidak adanya perbedaan antara yang menggunakan BPJS Kesehatan maupun yang berbayar pribadi semua mendapatkan pelayanan yang baik dari dokter dan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan. Saya juga selalu mengingatkan kepada tetangga dan rekan saya agar terdaftar menjadi peserta JKN,” ungkapnya. (**)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed