oleh

Dua Pabrikan di Cikarang Lahirkan Mobil Listrik

-EKBIS-408 BACA

CIKARANG PUSAT – Tercatat sudah ada dua pabrikan mobil di Cikarang yang telah membuat mobil listrik. Pertama, pabrikan mobil Hyundai yang melahirkan mobil listrik Ioniq 5 dan kedua, Wuling dengan mobil listrik Air Ev.

“Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor,” ungkap Presiden Joko Widodo kala meresmikan pabrik Hyundai belum lama ini.

Wuling Air ev diketahui sebagai mobil listrik mungil berkapasitas empat orang yang siap menemani aktivitas masyarakat Indonesia. Air ev mengisi line produksi Wuling bersama dengan Confero, Cortez, Formo, dan juga Almaz.

Dibandingkan para pendahulunya, mobil listrik Wuling Air ev ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau yakni Rp 250-300 juta. Brand and Marketing Director Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani membeberkan salah satu rahasia Wuling Air ev bisa dijual dengan harga terjangkau adalah faktor produksi.

Produksi di dalam negeri memungkinkan pabrikan menggunakan komponen lokal yang tidak membutuhkan biaya impor. Maka dari itu, harga jualnya bisa jadi lebih murah.

“Yang jelas salah satunya adalah karena mobil ini kan nanti dirakit di Cikarang,” kata Dian saat dihubungi.

Ke depan, pastinya akan ada mobil listrik berlabel ‘Made in Indonesia’ lainnya yang menyusul Hyundai Ioniq 5 dan Wuling Air ev. Pasalnya beberapa pabrikan sudah menyatakan akan memproduksi kendaraan elektrifikasi di dalam negeri dengan ragam jenis mulai dari hybrid hingga listrik murni. Bukan tidak mungkin juga harga mobil listrik bisa jauh lebih terjangkau karena pabrik baterai juga sudah mulai dibangun di Indonesia. (IB)

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed